Selamat Datang di Kampung Maya Si Gadis Ceria

My Study Club


Ah...Pagi yang indah
dan semoga selalu indah, sampai aku bertemu kembali dengan sang pagi.

Semalem tidur jam 3. Ah...tapi bagi masisir sih biasa saja, menurutku. Sengaja alarm kuputar jam 06.00 pagi. Coz, kebetulan lagi dapet "dispensasi" ceritanya. Dan ternyata, aku baru bisa bangun jam 08.00, Hohoho. Bis itu, langsung mandi n nulis blog:)

Semalem, aku bareng 2 temenku (Neila n Mbak Jihan) bis perang. Kita bertiga sengaja bentuk kelompok jihad fi sabilillah, ha3x. Tapi musuhnya kali ini bukan manusia, tapi muqoror:D. Madah sasaran pertama Fiqih. Fiiuuuh...sambil teler2, kita lahap aja tuh muqoror. Rencana sih mulai bis maghrib, karena nungguin si Neila plus ngapa2in dulu (he3x), baru bisa mulainya jam 20.00:D. Strategi kita sih biasa aja, Aku jaga (baca-red) bagian depan, Mbak Jihan bagian tengah, dan si Nela di lini belakang.

Pas aku yang baca sih, masih pada loading semua (maklum baru mulai, masih pada fresh). Pas mbak Jihan yang baca, kayaknya amunisi dah hampir habis deh. Coz, target semalem khatam harus terealisir sih, jadinya lumayan ngos-ngosan bacanya. Untungnya, sebelumnya dah pada baca, jadi kalo sekiranya dah paham, langsung tabrak aja, lanjutin depannya (huiks). Sesekali pake intermezo juga sih. Entah aku yang mulai ato yang laen, biar nggak bosen melototin tulisan terus.

Baru setengah perjalanan. Kayaknya kita bertiga dah bener2 teler. Bukan capek sih, cuma ngantuknya itu loh, nggak bisa di ajak kompromi:(. Mata dah pada sepet. Akhirnya, kita bertiga ngisi amunisi dulu,he3x. Makan bentar, bersihin dapur, dll. Nah...kerjaanku di dapur lom kelar, si Nela dah ketiduran, ha3x. Nggak tega juga ngebangunin, padahal bagian dia baca sekarang. Maklum, jam 2 malem. Si Nela juga nggak terbiasa tidur malem. Nah...mbak Jihan? weks...nonton sodara-sodara!(but it's ok, buat refresh). Aku?, he3x, duduk manis di depan blog (maklum, lagi jatuh cinta ma blog), sambil nungguin mereka siap lagi.

Setengah jam kemudian, Nela dateng plus mbak Jihan. Akhirnya kita mulai lagi deh, sebelum mata harus bener2 terlelap:D. Nela yang baca, untungnya tinggal dikit lagi, coz bagian belakang sepakat di baca sendiri, mengingat bab "warisan" lumayah njlimet n butuh pemaham ekstra. Baru 5 menit baca, kayaknya suasana sepi2 aja. Dan apa yang terjadi sodara-sodara??. Yaks...ternyata mbak Jihan telah terlelap, ha3x. Tapi ya sudahlah, sepakat kita nggak nge-bangunin dia, lagian bab yang di baca juga nggak terlalu susah, apalagi ukuran mbak Jihan yang keren abiz deh masalah pemahaman kitab (weks, ada yg GR nggak yah, huehuehue).

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga. Jam 03.00 pagi. Aku juga dah bener2 ngantuk. Harus cepet2 tidur, biar besok bisa seger lagi. Tapi sebelumnya, aku n Nela bagi-bagi tugas buat next madah. Mbak Jihan?, wah nggak tau deh dah nyampe mana terbangnya, ha3x. Target berikutnya, Tafsir. HUAAA...tebel banget bukunya. Emang ada "makhdzuf"nya sih,he3x. Tapi tetep aja banyak. Presentasinya baru bisa tanggal 5 Des nanti, coz pada sibuk juga sih temen2. Tanggal 3 nanti Nela sibuk. Tanggal 4 nya, giliran aku yang ga bisa, coz kebetulan aku barengan ma mami (lely-red) jadi pembantu panitia munaqhosyahnya Ust. Fahmi Salim gitu, :D.

yapz...it's over!!!
Saatnya tiduuuur...nyamaaaaan. Satu muqoror lewat.
terlelap, sampai ku bertemu dengan pagi yang cerah:)
indah...

Sengaja kita buat acara diskusi kelompok (pribadi) khusus muqoror pra-ujian, biasanya sih sebulan sebelumnya. Mungkin itulah cara belajarku selama ini. Metode orang memang beda2. Dan ternyata, aku memang lebih suka belajar bareng temen-temen. Coz, aku pikir lebih efektif dan efisien. Banyak pemahaman yang beda dengan pemahaman2 sebelumnya (pas baca sendiri), so di situlah kita sama2 menelaah ulang . Banyak banget manfaatnya, yang biasanya dalam waktu sekian jam aku cuma bisa ngehabisin beberapa halaman, dengan begini, jumlah halaman bisa nambah berlipat2. Kalo ada masalah2, bisa langsung terpecahkan, ato kalo nggak, masuk catatan PR kita. Selain itu, ikatan emosional dengan temen2 juga lebih kuat jadinya, thats great.

Semalam
aku teringat peristiwa tahun lalu, tahun keduaku disini. Entah siapa yang mulai, aku juga lupa. Tiba2 saja temen2 sepakat untuk mengadakan bahts al-muqoror pra-ujian. Yang bikin aku salut dengan mereka, semangatnya itu loh!! Subhanallah!! bikin aku jadi tambah greget buat belajar. Seneng, bagi2 info, bagi2 pengalaman, bagi2 ilmu. Dan kompak. Do'a2 bareng, cuap-cuap bareng, semua deh. Rasanya gimanaa gitu. Sampai akhirnya natijah pun turun (tapi waktu itu aku lagi di Indo), dan alhamdulillah...sekitar 80% anggota kita "najah", dan beberapa ber'embel2 'Jayyid' dan 'Jayyid Jiddan'. Yah, meskipun bukan orientasi utama, setidaknya hal itu bisa menjadi semangat untuk selanjutnya, amin.

Tingkat III, temen-temen nggak masuk jurusan yang sama. Aku sendiri lebih memilih jurusan tafsir. Beberapa ora
ng bilang, "yah...kok masuk tafsir sih mit, kenapa nggak filsafat ato hadits aja?". Aku sih enteng aja jawabnya, "Dah terlanjur jatuh cinta ma tafsir sih kali". Dan memang, aku dah terlanjur suka dengan tafsir, meskipun lom bisa jadi mufassiroh,he3x. Bagiku, belajar karena 'ingin' lebih baik, dari pada belajar karena 'prestise'.

3 kunci keberhasilan : Semangat, Belajar dan Berdo'a. Insyaallah Allah akan memberikan yang terbaik buat kita. Allah itu adil bukan:) [regards]

Jum'at, 30 Nov'07
12.22 WK

0 comments: