Selamat Datang di Kampung Maya Si Gadis Ceria

"2 jam jadi anak asrama"


Hmm...dah tingkat III. Awalnya sih kupikir inilah saat yang tepat buat uzlah setelah aku menjadi "anak jalanan"* di tahun-tahun sebelumnya.
Dan lagi-lagi yang selalu terpikir olehku adalah "Asrama".

Beberapa tanggung jawab ke'organisasian juga sudah mulai lepas. Nggak ada alasan yang membuatku kembali berpikir panjang untuk mewujudkan keinginanku masuk asrama, yang memang sejak lama ku rencanakan.

Aku selalu bilang ke teman-temanku, seandainya aku boleh memilih asrama, mungkin Bu'uts (Asrama Mahasiswa-red) menempati posisi pertama sasaran taqdimku nanti. Rupanya Allah punya rencana lain, yang telah terekam cantik dalam skenario yang masih berstatus "Invisible" buatku. Aku nggak bisa masuk Bu'tus, meskipun dengan status istidhafah (numpang-red), coz Allah mengalirkan rezekiku bukan melalui Institusi beasiswa dari al-Azhar.

Akhirnya, pilihan yang tersedia hanya dua, Muqattam dan Jam'iyah Syar'iyah. Hmm...kalo di tanya sreg nggak sih disana (satu diantaranya)?, hmm...gimana yah?!. Kalo masalah fasilitas sih, dah bagus banget. Kayak mondok lagi jadinya (weks, kalo ada pondok kayak gitu, pasti dah dapet laqob pondok elite deh:D). Cuma "jauh" jadi salah satu kendalanya.

Sempet sih nyoba taqdim ke Asrama Muqattam, dulu. Weks...ternyata dah tutup buat orang indonesia:(. Tapi akhirnya aku bersyukur aku nggak jadi masuk sana. Fiiuuhh...jauh banget buat aku. Mengingat frekuensi hijrahku dari satu tempat ke tempat lain lumayan banyak, he3x.
Akhirnya...pilihan terakhir, Jam'iyah Syar'iyah. Asli...nggak pernah kebayang sekalipun nantinya aku bakal taqdim ke nie asrama, ha3x.
Ternyata...???he3x.

Coba ku bilang ma si Ani (salah satu temen se'angkatan). Awalnya sih iseng-iseng aja (Duh...ampun An...:D). Maksud hati sih, sekalian ngajakin dia masuk sana barengan Mbak Jihan Syah juga. Dan...hohoho, ternyata dia setuju n mau ngurusin barengan.

Ya udah, ga pake pikir panjang lagi cepet-cepet aku bikin thalab, fotokopi karneh plus paspor'nya. Di anter si Hamidah, kita berangkat ke Darosah (Kantor Jam'iyah Syar'iyah), wuiihh semangat banget man ngurusnya:). Kata temen2 sih (lihat pengalaman sebelumya), kita harus nunggu beberapa lama dulu, baru di panggil buat ngambil surat muwafaqahnya. "Hmm...it's ok, toh kita2 juga masih pada punya ruma di luar", pikirku waktu itu.

Sehari kemudian, ringtone Hp-ku bunyi. Jidatku sempet mengkerut waktu lihat nomer asing nongol di screen Hp.
"Hmm..Nomer rumah??!!", batinku. Tanpa menunggu lama, ku angkat saja, dan..."auxrnkjshbhgxdbh...JAM'IYAH SYAR'IYAH...nhxbjhjbsadhbkzhns". Ada suara bapak-bapak di seberang sana. Pake 'amiyah, cepet, di tambah sima'i ku yang sepertinya kurang begitu bagus, he3x. Duh...ga tau deh, tuh bapak ngorbol apa'an. Baru sadar pas beliau bilang Jam'iyah Syar'iyah'nya, ha3x. Ternyata benar dugaanku, Ust Abbas yang super ramah n baek barusan meneleponku. " Ya Maramita...enti taqadamti thalab li sakan el'thalibat bi Jam'iyah Syar'iyah?". "Aywa", Jawabku singkat. Nggak lama, Ust. Abbas cuma bilang surat muwafaqah sudah siap, terserah mau di ambil kapan aja. " Mesyi ya ust, bukroh insya'allah, jazakumullah". Klik...telpon putus!.

Setelah ambil surat muwafaqah, aku n Ani berangkat ke Asramanya (di Hay-10) buat ambil Khatm (stempel-red). Di sana ketemu 2 abla (Ibu-ibu mudhirahnya). Yang satu ramah banget, satunya lagi setengah strength gitu, he3x Peace Abla :D. Kita cuma berangkat bedua, coz mbak Jihan masih ada something dulu, mau nyusul rencananya.

Surat di serahin, beres!. Tapi...yang bikin kita syok neh...Si Abla bilang " kalian bisa mulai pindah besok jam 10 pagi, bawa baju-baju kalian sekalian bukunya. Muqarar saja, nggak boleh yang lain". GUBRAKKK...reflek aku n Ani saling pandang. Bukan karena peraturannya yang nggak boleh bawa buku, kecuali muqarrar. Coz, sebelumnya kita dah tahu kalo disana cuma boleh bawa baju plus diktat. Nggak boleh bawa komputer kecuali Laptop. Nah...yang bikin kita kaget, "BESOK"...Waaaaaa...mampus deh. Mana kalo 3 hari nggak dateng, gugur lagi :(. Keluar asrama, aku n Ani ketawa ngakak pokoknya. Jadi ngerasa lucu banget!!!. Taqdimnya semangat, giliran di terima malah bingung, hue3x. Gimana nggak bingung??. Pikirnya sih kita2 bakal masuk sekitar sebulan ato dua bulan berikutnya. Paling nggak, masih ada kesempatan buat cari pengganti rumah plus ng'lelang barang2 yang kita punya, ha3x. Lha ini???!!!

Hmm...akhirnya kita jalani aja, ngikut alur!. Dimana-mana kalo orang mau pindah rumah ato masuk asrama pasti dah prepare2 semua keperluan. Beda ma aku n Ani kali ini. Sampai mau berangkat pun, apa saja yang mau di bawa masih bingung :D. Kalo mbak Jihan sih lumayan, dia prepare beneran, meskipun beberapa jam sebelum berangkat, coz dia emang dah niat banget masuk asrama. Aku n Ani cuma bisa cengar-cengir lihat tas kita2 masih pada kosong. Hahaha...akhirnya, sekitar setengah duabelas, kita berangkat. Mbak Jihan dengan tas tweety kesayangannya plus satu tenteng (koper nyusul), Ani dengan satu tes tenteng gaya penjual baju keliling, yang emang isinya beberapa baju yang tertinggal di rumahku (coz beberapa hari dia nginep di rumahku), dan aku???. He3x...aku dengan gaya orang mo pergi Camping ato rihlah gitu. Satu tas ransel (yang isinya cuma satu stel baju plus jaket), di tambah tenteng kecil berisi satu buku bacaan (coz muqarar emang lom turun). Dan...berangkatlah kita bertiga ke Asrama.

Di jalan tak henti-hentinya kita bertiga ketawa-ketiwi. Nggak percaya aja, masak sih kita mo masuk asrama?!.

Sampai asrama, kita langsung masuk kamar, jatah kita masing2. Nggak boleh milih!. Dan ternyata aku sekamar ma Ani, beda ma mbak Jihan. Tapi untungnya mbak Jihan sekamar ma temen2 indonesia juga. Nah...aku ma Ani dapet kamar barengan ma orang2 Rusia boooo'. Huiks...mampus deh!. Enak sih enak...mereka juga baik2. Cuma, dimana2 lebih enak kalo kita gabung ma yang s'kultur. Si Ani dah nyoba buat ng'lobi si Abla biar ngizinin kita pindah ke kamar sebelah. Eh...si Abla malah bilang ke dia "La'ah ya binti, ma fisy intiqal!!!. Emang kenapa dengan Rusia?? mereka semua baik kok. Kalian muslimin kan?. kalo kalian mau disini, kalian akan dapet pahala lebih banyak. Pengetahuan agama mereka terbilang minim, makanya kalian harus mengajari mereka. Kalian disini untuk tholab al-ilmu kan?. Makanya, akan lebih bagus kalo kalian gabung dengan mereka" (Yah...kurang lebih gitu lah intinya, coz ablanya ngobrol banyak seh, jadi bingung substansinya apa aja:D). Hohoho...kok malah di ceramahin yah ma beliau!!!.

Lobi nggak berhasil, kita cuma bisa pasrah aja. Ya udahlah...akhirnya kita nyamperin temen-temen yang laen. Ngobrol-ngobrol, de el el. Hmm...tiba2 sekitar setengah dua siang aku bilang ma temen2 "Mbak, ayo pulang...!!!", sambil cengar-cengir, sok kalem n kayak orang nggak punya dosa gitu, hax2. Yang laen pada melongo ngelihatin aku. "Napa Mit? nggak jadi beneran nih ceritanya?", tanya mereka yang emang dah tahu, kalo dari awal sampai asrama aku cuma bermodal keyakinan fifty2 aja.

Dan, akhirnya...hohoho...Kliwis-kliwis, aku pulang lagi ke rumah dengan bawaan yang sama. Satu ransel plus tenteng, Ha3x.
Aku pulang lagi dengan orang yang sama juga. Karena orang2 juga pada b'rencana langsung Agaza -libur- (weks...baru masuk dah mo agaza aja).
Pulang deh, aku, Ani, mbak Jihan n Hamidah...Back to sabiek!!!

Mpe rumah, sambil cengar-cengir plus tanpa ada rasa berdosa, aku bilang ke Najah "Beng...aku nggak jadi ke Asrama". Grrrr...temen2 serumah pada ketawa, lihat aku balik dengan barang yang sama, plus keputusan nggak jadi masuk. Padahal awal-awalnya dah semangat banget ngurusnya:D.
Akhirnya...kok aku tambah cinta ma rumahku yah sekarang???
hahaha...

2 jam jadi anak asrama, bikin aku tambah mantap aja buat menghabiskan sanah2 terakhirku disini. Kalo nggak gitu, mungkin bayangan "Asrama" ngga akan pernah absen dari pikiran dan planningku mpe aku lulus nanti.
Ya Allah...semoga ini yang terbaik
Amin
[regards]

note:

*Anak Jalanan = Nggak bisa diem di rumah. Paling sebel kalo nggak ada kegiatan (oriented activity). So, frekuensi hijrah dari satu tempat ke tempat yang laen lebih banyak.


0 comments: