Selamat Datang di Kampung Maya Si Gadis Ceria

SEKIAN JAM lagi...kau ingin seperti apa???



Sekian Jam Lagi...


Masih ada sekian jam untuk berfikir
Masih ada sekian jam untuk membuat planning
Masih ada sekian jam untuk introspeksi
Masih ada sekian jam untuk Menyiapkan diri
Masih ada sekian jam untuk menyesal

Karena...
sekian jam lagi
Aku akan meninggalkannya
Dia akan segera menjadi masa lalu
Kisahku dengannya hanya akan menjadi sebuah memori
Semua yang telah teragenda mungkin hanya kan menjadi sebuah legenda
Atau hanya kan jadi bahan 'muroja'ah'
Untuk semua kelakuanku
Untuk semua sifatku
Untuk semua kisahku

Yah...
sekian jam lagi
Aku ingin menjadi lebih...
sebagai manusia
Dan seorang hamba idaman

Ah...
sekian jam lagi
apa yang sudah ku lakukan
setahun ini...
baikkah?
burukkah?

Hmm...
Sekian jam lagi
Aku belum memenuhi daftar 'tugas' ku, tahun depan
Aku belum mencoret daftar 'kelakuan buruk' ku, tahun ini
Aku belum tamat membuat 'planning cantik' ku, untuk tahun depan
Aku belum sempat menangis untuk sebuah sesal 'atasku', tahun ini

Tapi...
Masih ada sekian jam lagi
Untuk ku lakukan semua

SEKIAN JAM lagi???
"Mau jadi seperti apa kau???"
Pikirkan...
Renungkan...

Sekian jam lagi...
Dia berlalu dengan sejuta kisahku
yang Ku ukir dan Terukir

Yah...
Sekian jam lagi

Selamat tinggal 2007
sampaikan salamku pada 2008
Tuk sambutku dengan senyuman
Dan singgasana cantiknya

Sekian jam lagi
*HAPPY NEW YEAR*
Semoga tahun depan kan terukir kisah yang lebih baik dari sebelumnya
Semoga tahun depan kita bukanlah kita yang lalu, yang sarat dengan kelemahan
Semoga tahun depan Kita tidak menjadi bagian dari orang-orang KHOSIRIN
Semoga tahun depan...dan tahun2 berikutnya
Amin

Ya Rabb
Ya Rabb
Ya Rabb

[regards]

(Sabiek, SEKIAN JAM sebelum mengukir lembaran baru di 2008.
Baru nyadar kalo tahun baru -itupun bis denger suara petasan dari luar-. Yang tadinya lagi khusyuk kencan ma 'tauhid', langsung loncat ke depan komp, he3x)

Ah...aku beruntung
ternyata aku tak sendiri

Tadinya ku pikir, aku adalah milikku
ternyata ribuan pasang mata menyaksikan kepakan sayapku
perasaan masa bodoh yang benar2 bodoh, hampir menerpaku
Aku tak sadar
Dan aku terlena

Aku begitu sibuk dengan duniaku
Sampai tak tahu, di ujung sana, ada picingan mata yang ingin segera menyayatku
Aku tenggelam dalam berbagai untaian idealisme
yang begitu megah...
Dan sebenarnya, ku rasa tak kuasa membuat diri terlebur dengannya

Rabbi...
aku hanya butuh
satu hal

"Ridho'Mu"

Dengan itu
ku mampu berdiri
ku mampu bangkit
ku mampu menjelma menjadi apapun

Dengan itu
aku tangguh

Iringin perjalananku
dengan ridho'Mu Rabb
selalu...
selamanya...

Izinkan aku tuk sekedar mencintaimu
Izinkan aku tuk sekedar memimpikanmu
Izinkan aku...
walau, seandainya kau tidak ingin mencintaku
tapi aku yakin
kaulah sang Pecinta
Yang begitu pantas tuk di puja

Aku semakin heran
aku begitu haru

Aku minta satu hal
kau berikan lebih dari itu
aku ingin banyak hal
Tak terhingga kau tuang di hadapku

Aku bingung...
apa yang sudah aku lakukan untuk'Mu
Airmataku masih banyak...
Belum habis ku banjirkan atas nama'Mu
Peluhku pun tak banyak terkuras
Tuk secuil persembahanku pada'Mu

Rabbi...
Cintai aku
Jaga aku di malam'Mu
Entah...
Aku selalu ingin berkencan denganmu
Aku selalu ingin bercinta denganmu

Aku mencintai banyak orang
Namun...Engkaulah segalanya

Di cintai orang yang kita cinta memang menyenangkan
Namun di cintai oleh Sang Pencinta, adalah segalanya

(Blue room of Sabiek, 23 Des'07. 11.00 WK)


Idul Adha => Ghad el-Bashar

Ied el-Adha => Hari yang menyeramkan untukku:(. Harus Ghodul bashar:D.
Huaaaa...akhirnya hari ini dateng juga.
Pasti orang2 muslim pada seneng banget yah menyambutnya, termasuk aku.

Takbir-takbir berkumandang...
rame...mpe bikin merinding
Kambing-kambing pun nggak mau kalah
Bareng2 pawai...buat say goodbye ma makhluk hidup lainnya...:D
coz...bakal ada pembantaian besar, wekekeke...

Lebaran di Kairo ma Indo emang beda banget. kalo di Indo yang lebih rame malah Idul Fitrinya. Jadi ngerasa sakral banget gitu.
Kalo di Mesir?
Hari gini nih yang rame. Pembantaian kambing bareng2. Weks...ampun deh!

Hmm...dan seperti biasa, Pagi2 para masisir dah pada ngumpul di lokasi sholat Ied special for indonesian (orang mesir yang pengen ngikut sih ahlan:D). Nah...kebetulan tahun nie tempatnya di masjid al-Salam. Alhamdulillah, nggak jauh-jauh plus nggak perlu ribet nungguin bis jemputan, huiks.

Berangkat sekeluarga. Ada Aku, Beng (Najah), Mami (lely), Ook (Laela), Mbak Jihan, n Yeyen. Senengnya...berangkat bareng-bareng kesana.
Mpe sana, kita2 langsung olahraga muka. Alias mulai pasang senyum dalam durasi yang lama. Gimana enggak, ketemu banyak orang, sambil cipika-cipiki komat-kamit bilang 'mohon maaf lahir & batin'. belum termasuk basa-basinya, ha3x. Sambil beramah-tamah, foto2an bentar. Bis itu Makan.

Hmm...dari awal temen2 dah pada booking lauk punyaku, hahaha. Mereka dah pada paham banget kalo aku paling anti yang namanya daging (except bakso; coz nggak kelihatan bentuk dagingnya:D -curang nih yee-), Ayam (suka sih, cuma kadang tergantung mood. Kalo dah bentuknya gimanaaa gitu, hiks ogah mo makannya. Nah...kebetulan banget, kebanyakan nggak moodnya), ato makanan yang dah di olah extrim mpe nggak ketahuan bentuknya (hahaha...bawel banget kan). Hu uh, dari pada yang begituan, mending di kasih tempe, tahu ato sayur. Ato...yang lebih parah, makan nasi ma krupuk aja dah istimewa, dari pada Pizza, Burger, Kibdah, de el el. Weks...ogah!

Nah...pas itu kita nyamperin stan'nya Gamajatim, recommended by Kak Ihya'. Wuiiiih...Te Oo Pe Be Ge Te deh buat masakannya. Lauknya banyak, seneng banget. Jadi ada alternatif. Coz, beneran...ternyata lauknya pake ayam. Untung ada telur, ma perkedel, hohoho.

Untungnya temen2'ku juga dah pada paham. Jadi kalo ada acara kondangan, makan2 ato apalah. Pasti ada peristiwa imigrasi lauk deh, hahaha. Yang paling sering kena imbasnya si Najah ma Mami. Kalo dah lihat lauknya pake daging ato ayam, pasti dah senyam-senyum, ngerasa kalo bakal dapet tambahan rezeky, ha3x. Tapi mereka juga baik, suka gantiin lauk laennya buat aku, he3x. Weks...bener2 my friends;).

Nah...lucunya lagi nih. Pernah ada acara kumpul silaturhami marhalah pemberangkatanku (Paguyuban Timur). Waktu itu lauknya pake daging. Berhubung temen2 (khususnya yang masak) dah pada tahu kali yah. Tiba-tiba aja, aku di kasih lauk khusus. Yang laen pake daging, aku pake Ikan sendiri, ha3x, jadi enak:D. Makaciiiih3x...
Kemaren juga gitu. Di undang makan-makan. Biasalah...nyate gitu loh!. Nah...yang ngundang tahu kalo aku g bakalan makan disana. Dan yapz...ternyata aku dapet kiriman telur. Hahaha...beda sendiri jadinya. Tapi tetep aku ambil bagianku. Aku bagi2'in satenya ma temen2, huehuehue.

(Balik lagi ke al-Salam, he3x)

Bis makan, aku, mami n beng keluar. Bingung mo kemana. Mo pulang ato jalan ke rumah temen dulu (sambil silaturrahmi). Akhirnya aku minta mampir ke rumah Kiki di bawabah II. Maksud hati sih buat ng'hindar dari daging2 yang t'beber di trotoar deket rumah. Huiks...ternyata malah di depan rumah Kiki pas, ada pembantain basar. HUAHUAHUA...mampussss!!!. Tapi ya udahlah, terlanjur basah mandi sekalian:D. Akhirnya, aku nggak mau pulang. Hari itu aku nginep di rumah Kiki barengan mbak Jihan. Si Najah n Mami pulang duluan. Sengaja aku nggak mau keluar rumah, sampe situasi bisa terbilang "Aman" buatku. Masak aku harus ghod el Bashar /"merem", plus tutup hidung tiap kali lewat depannya :(, nggak lucu banget kan.

Ngeriiiii...!!! Dimana-mana ada daging. Jalan2 penuh darah. Baunya juga kemana2. Tolooooong!!! Asli...aku paling sibuk cari tempat "ngungsi" kalo dah gini. Fiiiiuuuuuhhh...serasa nggak ada tempat aman. Tahun lalu, kita serumah dapet daging dari orang2 mesir banyak banget. Weks...Bener2 nggak mau masuk dapur deh. Soriii banget buat temen2 rumah. Mohon rukhsoh buat yang satu ini, he3x.

Weks...bener2 menyeramkan
Hiks...hiks...hiks...
Tapi bagaimanapun...aku seneng banget kalo ada ivent2 keagamaan kayak gini. Kumpul2 ma temen2, nyambung silaturrahmi jadinya.

Yah...tapi yang pasti neh...
aku pengen cepet berlalu, biar bisa enak kalo mo keluar2
nggak tahaaaaaan:(:(:(
[regards]





Allahu akbar...
Allahu akbar...
Allahu akbar...

Subhanallah...
Asli merinding
Besok Idul adha...
Subhanallah...

Allahu akbar...
Allahu akbar...
Allahu akbar...


(Bis sholat maghrib)

Belajar bareng "Mbah Google"

Asyiknyaaa...BLAZAR bareng MBAH GOOGLE


Hmm...Alhamdulillah...

Beruntung banget, aku jadi salah satu penghuni rumah ber'DSL. Suer deh, banyak banget manfaatnya. Emang sih, nggak ada telpon di rumahku (si Babah'nya cuma bisa janji doank:P). Makanya, awal tinggal disini, kita2 pada ngebet banget pengen nyambung internet. Via apa aja deh, mau warnet ato istirak ma orang mesir, yang penting nyambung:).

Nah...ujung2nya, bersyukur juga rumah nggak ada telponnya. Bisa terhindar dari penyakit ng'chez' boooo'. Hahaha...kalo dah ada ritual gitu, bahaya!. Weks...giliran kita dah qona'ah, kemaren babahnya bilang mo di kasih telpon 2/3 bulan lagi. Hohoho...untungnya kita serumah dah pada kebal ma janji2 model mesir. Bilang 3 bulan, kayaknya bakal terealisirnya 3 tahun lagi:P.

Balik lagi ke internet.
Wuiiihh...beneran deh, seneng banget rumah bisa connect. Biar sesekali koneksi ngadat plus hancur, kita tetep bisa enjoy di buatnya (internet-red)

Ahad, 16 Des '07.
Nah...kebetulan sekali hari itu adalah pertemuan terakhir study club'ku bareng Nela, Mbak Jihan, Sabrina, Kiki, Aini (Brunei punya). Dan sekali lagi lokasinya tetep di rumahku. Coz, terbilang paling strategis. Jadi enak deh, nggak pake keluar gitu, huehuehue.

Madah terakhir "Sirah Nabawi". Emmm...sengaja dapet jatah paling akhir dari madah2 yang laen. Selain Kitabnya paling akhir turun, temen2 juga lom pada baca, trus isinya cuma cerita-cerita lagi. Dan yang bikin kita "merem melek", muqorror kullu booo', gimana nggak mak nyusss tuh (minjem istilah Pak Bondan, Wisata kuliner show). Awal-awal sih lumayan nyantai, coz, tahunya isi cerita-cerita kenabian, yang notebene sedikit banyak dah pernah denger pas kecil dulu. Yah, walaupun sekedar pengantar tidur aja, :D.

Dan ternyata, Hiks...:(. Mpe di rumah, temen2 pada laporan, kalo pada pusiiiiiing pegang nih kitab. Emang nggak semua sih, coz beberapa bab dah pada ngerti sebelumnya. Nah...yang sisanya itu loh...bikin kita2 gimanaaaa gitu:D (Ups...PEACE yah buat sang muqoror). Gimana nggak. Isinya sih cerita2 doank. Tapi justru karena cerita itulah, kita2 jadi nggak bisa absen dari sang kamus. Yang biasanya bisa baca sambil lari2 (he3x), yang ini? Boro2 mo lari. Jalan aja ogah, masak mo jalan sambil bawa kamus s'GD itu sih:P. Mufrodat'nya banyak yang lom masuk memori kita. So...mau nggak mau harus cari dulu deh:(.

Dan, presentasi di mulai. Awal2 sih so far so good aja . Ngalir aja belajarnya. Nah...mpe tengah, pada diem. Hahaha...coz pada bingung ma jalan critanya. Jadi inget kata salah satu senior, kalo lumayan banyak juga yang bawa nih madah, gara2 isinya cuma cerita yang temen2 pada nggak paham gitu (Sori, 'kata senior'nya nih nukil dari temen:D). God...semoga kali ini kita2 semua 'shofi'. Amin.

Duh...kehabisan akal, akhirnya ku praktekan aja caraku selama ini, he3x. Nggak pake basa-basi, aku langsung mejeng di depan komputer. Dan mulai berkunjung ke kediaman mbah Google ku tercinta. Aku cari refrensi yang berhubungan ma muqororku. Dan Yapz...i get it!. Banyak file yang dah ku copy. Seneng banget, akhirnya, yang awalnya pada sok tahu nyambung2in cerita (ha3x), dapet pencerahan juga deh. Temen2 pegang buku, aku yang bacain data google'nya, plus nyambung2in ma bukunya, hue3x.


Nyadar juga sih sebenernya, kadang kayak gitu bikin kita2 manja. Berhubung waktu dah mepet banget, temen2 juga nggak mungkin pulang larut, so salah satu alternatif ya pake mbah Google:D. Tapi kalo mau ambil positifnya, justru yang kayak gitu bisa kasih data2 baru yang kebetulan nggak ada di muqoror. Kan enak, nggak cuma muter2 seputar muqoror,he3x. Bisa refresh lagi.


Fiiiuuuh...dah maghrib. Bener-bener nggak selesai. Salah satu personel nggak bisa dateng. Alhasil, sisanya ya harus baca sendiri, hahaha.


ala kulli hal...Terima kasih buat 'Mbah Google' tercinta. Dah tua, tapi masih keren aja. Mantab booo', he3x. Asyik...bisa belajar sambil berpetualang:)


Hmm...
it's OVER...

Siap-siap, tanggal 27 Des ujian Syafawi Tafsir
Mohon do'a buat semua...
Rabbi sahhil kulla umurina Allahumma najjihna fi imtihanina, waj'alna min al-najihin

GANBATTE...!!!

Kenapa Putih?
yang selalu menjadi lambang kesucian

Kenapa merah?
yang selalu menunjukkan keberanian

kenapa Hijau
yang selalu menggambarkan kesejukan

Lalu...
kenapa Hitam
yang selalu menjadi warna yang sarat dengan
keterpurukan...
kegelapan...
kesunyian...
kepedihan...

Weks...
Bosen!!!

Topik itu-itu aja
Nggak ada yang menarik
bosen!!!

Tapi bingung, mo pake topik apa yah?
weks...
Tetep aja bosen!!!

TAFSIR TEMATIK

(Mengukur relevansi tafsir tematik sebagai rekomendasi metode penafsiran kontemporer)

Oleh: Maramita Elfani

I. PROLOG

Mengkaji berbagai jenis literatur keislaman memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang muslim. Terlebih lagi al-Qur'an yang merupakan poros dari segala ilmu yang ada di bumi ini. Al-Qur'an dengan segala keindahannya, keistimewaannya, kemu'jizatannya, keunikannya serta kesuciannya ternyata tak hanya benda "jamid" yang hanya bisa di lihat dan di baca. Al-Qur'an mempunyai berjuta-juta rahasia serta ke-mukjizat-an, yang hanya akan kita pahami jika kita mau memahami dan mempelajarinya lebih dalam.

Tafsir, merupakan salah satu cara untuk kita bisa melihat apa makna yang terkandung dalam kitab kamil (al-Quran) ini. Karena tafsir yang merupakan sebuah disiplin inti dalam khazanah keilmuan Islam adalah sebuah alat interpretasi untuk menguak esensi implisit dari ayat-ayat qur'aniyah. Sebagaimana maklum, bahwa al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab dengan bentuk sastra yang mengungguli nilai sastra yang berkembang pada masyarakat Arab ketika itu, al-Qur'an mempunyai nilai estetika yang tinggi dan disempurnakan juga dengan kelebihannya dalam segi linguistik yang diindikasikan oleh kekayaan bahasanya dimana pada tiap katanya tidak hanya mempunyai satu makna.

Dalam al-Qur'an banyak dijelaskan tentang aturan-aturan yang bisa dijadikan pijakan dalam hidup manusia, seperti dasar-dasar akidah, hukum-hukum sosial kemasyarakatan, pemikiran dan lain-lain. Namun disisi lain, Allah tidak menjamin terperincinya masalah-masalah tersebut diatas dalam al-Qur'an. Maka bukan hal yang aneh lagi jika kita menemukan lafadz singkat tapi terhimpun banyak makna. Selain itu, al-Qur'an tidak tersusun secara sistematis serta tidak diturunkan sesuai dengan komposisi kronologisnya. Bahasa al-Qur'an juga banyak yang mengandung majaz ataupun metafor-metafor sehingga kita akan mengalami kesulitan untuk memahaminya dengan pembacaan yang sederhana. Nah, disinilah posisi urgensi tafsir itu ditunjukkan. Tafsir menjadi komponen yang sangat penting dalam memahami ayat-ayat qur'aniyah yang maknanya tidak tersajikan secara eksplisit.

Dari sinilah kemudian banyak sekali penafsiran terhadap al-Qur'an muncul. Tafsir-tafsirpun semakin berkembang. Dan dalam perkembangannya, pengetahuan seputar metodologi tafsir pun tak terelakkan. Sedangkan untuk mengetahui metodologi itu sendiri kita perlu mengarahkan fokus kita pada sisi historis tafsir tersebut. Namun agaknya penulis tidak perlu memaparkan kembali tentang historisitas munculnya tafsir, sebab poin ini telah banyak disinggung dalam makalah-makalah sebelumnya.

Berbicara tentang tafsir, kita perlu mengetahui beberapa klasifikasi bahasan teknis dalam menafsirkan al-Qur'an. Misalnya, bentuk-bentuk tafsir, metodologi serta corak-coraknya yang semakin banyak bermunculan dan berkembang dewasa ini. Kita mengenal ada tiga bentuk dalam tafsir, diantaranya adalah tafsir bi al-ma'tsur, tafsir bi al-ra'yi dan tafsir isyari. Kemudian dari segi metode, metodologi tafsir dibagi menjadi empat macam, yang terdiri dari: metode analitik (tahlili) metode global (ijmali), metode komparasi (muqarin), dan metode tematik (maudhu'I). Dalam usaha interpretasi ayat al-Qur'an, seorang mufasir tidak bisa dihindarkan dari sifat subyektif, yang artinya setiap mufasir mempunyai kecenderungan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya aliran sektarian atau corak-corak penafsiran yang digunakan oleh para mufasir saat ini. Seperti misalnya pendekatan linguistik murni ataupun dilihat dari bingkai sastranya, sufistik, fiqih, ilmiah/saintifik, filsafat dan teologi.

Salah satu metode tafsir yang terbilang laris dipakai oleh para ulama klasik adalah metode tahlili atau analitik, dimana penafsiran dilakukan dengan mengikuti sistematika ayat dalam Al-Qur'an (dari awal sampai akhir). Namun ternyata banyak kelemahan yang ditemukan didalamnya, salah satunya adalah kebingungan dalam memahami maksud yang terkandung dalam ayat-ayat al-Qur'an. Dari sinilah akhirnya muncul sebuah metode baru yaitu metode tematik yang seakan menjadi problem solving untuk masalah-masalah tersebut.

Dalam makalah ini, penulis akan membahas seputar tafsir Tematik dengan menampilkan uraian historisitas kemunculannya yang dilanjutkan dengan definisi serta bentuk dan langkah-langkah yang digunakan, perbedaanya dengan metode lain yang menyangkut kelebihan serta kekurangannya dan yang terakhir adalah nilai relevansi tafsir tematik sebagai metode penafsiran masa kini.

II. HISTORISITAS MUNCULNYA TAFSIR TEMATIK

Sejak masa kodifikasi tafsir, metode yang sering digunakan oleh para mufasir (yang sementara diduga dimulai oleh al-Farra') dalam usaha interpretasi al-Qur'an adalah metode analitik (tahlili). Dibanding metode yang lain, semisal muqarin atau ijmali, metode ini masih menempati posisi teratas sebagai metode yang laris digunakan oleh para mufasir klasik. Sebab dua metode diatas dirasa kurang relevan untuk digunakan, mengingat terlalu singkatnya uraian yang dihasilkan. Seperti metode Ijmali, metode ini memang cukup bisa mempermudah pemahaman -masyarakat awam khususnya- mengenai maksud dari redaksi yang ada dalam mushaf dengan mengandalkan uraian globalnya. Namun, dari situ pulalah kelemahan metode ini tampak. Penjelasannya yang terlalu singkat membuatnya tidak bisa menguak makna-makna yang terkandung dalam al-Qur'an. Demikian juga metode muqarin yang sempat dikembangkan oleh Abu Bakar al-Baqillani.

Metode tahlili adalah metode penafsiran al-Qur'an yang dilakukan dengan memberikan interpretasi terhadap ayat-ayat al-Qur'an sesuai dengan sistematika yang ada didalamnya. Maksudnya adalah, penafsiran dilakukan secara beruntun ayat demi ayat, kemudian surat demi surat hingga akhir berdasarkan susunan yang ada dalam mushaf. Metode ini menitikberatkan pada pembahasan kata dan lafadz, menyibak arti yang dikehendaki, sasaran yang dituju serta kandungan ayat, yaitu unsur-unsur I'jaz, balaghah, dan estetika bahasa, juga menjelaskan esensi yang dapat diambil dari ayat, misalnya hukum fiqih, dalil syar'i, arti secara etimologi, norma akhlak dan lain sebagainya.

Menurut Malik bin Nabi, umumnya para mufasir menggunakan metode ini disebabkan oleh keinginan kuat mereka untuk menunjukkan kemukjizatan yang ada dalam al-Qur'an. Seperti halnya Ibrahim bin Umar Al-Biqai (809-885 H), beliau lebih memilih metode analitik dalam menjelaskan korelasi antar ayat dalam al-Qur'an. Namun ternyata korelasi yang dimaksud disini adalah korelasi yang mengusung sistematika ayat dan surat dalam mushaf, karena dari sinilah beliau mencoba menguak kemukjizatannya. Selain itu, beliau juga bermaksud menunjukkan nilai estetika al-Qur'an dengan menelaah sebab pemilihan redaksi serta penggabungan ayat yang satu dengan yang lainnya.

Pun Al-Syatibi, beliau lebih menyukai metode analitik. Sebab menurut beliau meski dalam satu surat mengandung banyak masalah, namun masalah-masalah tersebut mempunyai korelasi yang kuat antara satu dengan yang lainnya. Sehingga ketika menyajikan interpretasi ayat, hendaknya mufasir tidak hanya memperhatikan bagian awal saja tetapi juga bagian akhir secara keseluruhan. Sebab, jika hanya memperhatikan satu masalah atau bagian tertentu saja, ditakutkan maksud dari ayat-ayat yang lain akan terabaikan.

"Tidak dibenarkan seseorang hanya memperhatikan bagian-bagian dari satu pembicaraan, kecuali pada saat ia bermaksud untuk memahami arti lahiriah dari satu kosakata menurut tinjauan etimologis, bukan maksud si pembicara. Kalau arti tersebut tidak dipahaminya, maka ia harus segera memperhatikan seluruh pembicaraan dari awal hingga akhir", demikian kata Al-Syathibi.

Masih banyak sekali para mufasir yang memanfaatkan metode ini, diantaranya adalah, tafsir al-thabary, tafsir ibn Katsir, Tafsir Al-Kasysyaf karya Al-Zamakhsyari (467-538 H), atau Anwar Al-Tanzil karya Al-Baidhawi (w. 791 H), atau Ruh Al-Ma'ani karya Al-Alusi (w. 1270 H), atau Al-Bahr Al-Muhith karya Abu Hayyan (w. 745 H), dan sebagainya.

Kendati demikian, seiring dengan maraknya mufasir yang menonjolkan kelebihan-kelebihan metode ini, ternyata metode tahlili juga mempunyai beberapa kelemahan yang bisa mempengaruhi implementasi dari ayat-ayat qur'aniyah yang ada. Misalnya, keterputusan tema yang sama dalam berbagai surat, sehingga satu tema berpotensi melumpuhkan kesatuan tema yang ada pada bagian sebelumnya, hal ini disebabkan oleh pemaparan tiap tema yang dilakukan secara parsial. Kemudian kelemahan yang dinilai paling mendasar adalah metode semacam ini dirasa kurang relevan dengan perkembangan sosial masa kini. Dengan wujudnya yang berjilid-jilid menjadikan salah satu kendala bagi orang yang ingin membaca serta mendalaminya. Kuantitas yang begitu banyak serta dibarengi dengan bahasannya yang bersifat teoretis ternyata kurang bisa menyentuh berbagai problema yang ada dalam masyarakat, sehingga hal ini seringkali membuat para pembaca putus asa.

Berangkat dari pemikiran seperti ini, rupanya para ulama mencoba untuk mencari sebuah solusi guna mengatasi masalah diatas, dengan berusaha membuat sebuah harmonisasi antara ayat al-Qur'an dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Disinilah akhirnya metode tematik dihadirkan untuk menyempurnakan metode tahlili. Ternyata munculnya ide seperti ini menuai banyak respon positif dari kalangan para mufasir.

III. TAFSIR TEMATIK

Tafsir Tematik adalah metode tafsir yang berusaha menggali isi al-Qur'an dengan cara mengumpulkan ayat-ayat tertentu yang mempunyai kesatuan maksud dan bersama-sama membahas topik/judul tertentu kemudian disusun secara sistematis sesuai dengan masa turunnya dan selaras dengan sebab-sebab turunnya. Dengan memperhatikan ayat-ayat tersebut berikut penjelasan, keterangan serta korelasinya dengan ayat-ayat yang lain, istinbat al-hukm itu dilakukan.

Dari definisi diatas, Dr. Jum'at Ali Abdul Qadir mengungkapkan bahwa tafsir tematik tidak bisa diartikan dengan menggunakan arti tafsir secara terminologi. Sebab tafsir tematik tidak mencakup seluruh ayat-ayat yang ada dalam al-Qur'an, melainkan hanya mengambil pokok pembahasan tertentu untuk ditelaah lebih dalam.

Perwujudan ide ini dalam bentuk satu kitab tafsir dipelopori oleh Syeikh Al-Azhar, Mahmud Syaltut. Pada tahun 1960, beliau berhasil menerbitkan kitab tafsirnya yang berjudul Tafsir al-Qur'an al-Karim. Disinilah beliau menerapkan metode tematik ini. Berawal dari sini pulalah, semakin lama metode ini semakin berkembang dengan cepat. Dengan mengambil satu tema, yang dilanjutkan dengan menelisik lebih jauh tentang masalah itu melalui himpunan ayat-ayat quraniyah yang mempunyai keterkaitan erat, metode ini dinilai mampu menampilkan sebuah materi yang lebih spesifik dan efisien. Metode tematik tidak hanya menginduksi makna-makna yang terkandung dalam teks saja, karena disana ada semacam pembacaan realita, sehingga konklusi yang dihasilkan tampak lebih mudah dicerna oleh kalangan masyarakat dari berbagai strata. Selain itu, metode ini bisa digunakan oleh seseorang sebagai dalil atas argumentasi mereka bahwa al-Qur'an sejalan sengan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Contoh tafsir model ini antara lain, Muqawwimat al-Insaniyah fi al-Qur'an karya Ahmad Ibrahim, al-Riba fi al-Qur'an oleh Abu al-A'la al-Maududy atau al-Aqiqah fi al-Qur'an milik Abu Zahra, dan lain sebagainya. Di Mesir sendiri, metode ini dicetuskan pertama kali oleh Prof. Dr. Ahmad Sayyid Al-Kumiy, ketua jurusan tafsir fakultas ushuluddin universitas al-Azhar sampai tahun 1981. Rupanya langkah ini menarik perhatian banyak pihak, bahkan beberapa dosen di universitas tersebut telah berhasil mengeluarkan karya-karya ilmiahnya dengan bentuk yang sama. Diantaranya, Prof. Dr. Al-Husaini Abu Farhah yang menulis Al-Futuhat Al-Rabbaniyyah fi Al-Tafsir Al-Mawdhu'i li Al-Ayat Al-Qur'aniyyah dalam dua jilid, dengan memilih banyak topik yang dibicarakan al-Quran.

Ada dua bentuk metode penafsiran tematik:

(1) Penafsiran satu surat dalam al-Quran dengan menjelaskan tujuan-tujuannya secara umum dan khusus atau tema sentral surat tersebut, kemudian menghubungkan ayat-ayat yang beraneka ragam itu satu dengan lain dengan tema sentral tersebut.

(2) Menghimpun ayat-ayat al-Quran yang membahas masalah tertentu dari berbagai surat al-Quran (sedapat mungkin diurut sesuai dengan masa turunnya, apalagi jika yang dibahas adalah masalah hukum) sambil memperhatikan sebab nuzul, munasabah masing-masing ayat, kemudian menjelaskan pengertian ayat-ayat tersebut yang mempunyai kaitan dengan tema atau pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh penafsiran dalam satu kesatuan pembahasan sampai ditemukan jawaban-jawaban al-Quran menyangkut tema (persoalan) yang dibahas.

Dalam menghimpun ayat-ayat yang berhubungan dengan tema yang diajukan, beberapa ulama menekankan bahwa tidak harus mengumpulkan seluruh ayat al-Qur'an yang berkaitan dengan tema tersebut. Mereka berpendapat, ketika ayat-ayat yang terkumpul disinyalir keras bisa mewakili maksud dari satu tema, maka tidak perlu/harus mengumpulkan ayat-ayat yang lain untuk menjelaskannya.

Langkah-langkah dalam penerapan metode tematik:

Ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk bisa menerapkan metode tematik atau maudhu'i, seperti halnya yang dipaparkan oleh seorang guru besar pada fakultas ushuluddin al-Azhar, Prof. Dr. Abdul Hay Al-Farmawiy dalam bukunya yang bertajuk Al-Bidayah fi al-tafsir al-maudhu'i, yang diterbitkan pada tahun 1977. Adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

a. Menetapkan masalah yang akan dibahas (topik).

b. Menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan masalah tersebut.

c. Menyusun runtutan ayat sesuai dengan masa turunnya, disertai pengetahuan tentang asbab al-nuzulnya.

d. Memahami korelasi ayat-ayat tersebut dalam suratnya masing-masing.

e. Menyusun pembahasan dalam kerangka yang sempurna (outline).

f. Melengkapi pembahasan dengan hadits-hadits yang relevan dengan pokok bahasan.

g. Mempelajari ayat-ayat tersebut secara keseluruhan dengan jalan menghimpun ayat-ayatnya yang mempunyai pengertian yang sama, atau mengkompromikan antara yang 'am (umum) dan yang khash (khusus), mutlak dan muqayyad (terikat), atau yang pada lahirnya bertentangan, sehingga kesemuanya bertemu dalam satu muara, tanpa perbedaan atau pemaksaan.

Perbedaan metode tematik dengan model penafsiran yang lain:

a) Tematik vs Analitik

Dua metode ini jelas sangat berbeda. Hal ini tampak sekali pada langkah-langkah yang digunakan oleh tiap-tiap metode, yang mana metode analitik dilakukan dengan cara menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an sesuai dengan susunan redaksinya dalam mushaf. Al-Qurthuby misalnya, dalam tafsir al-jami' li ahkam al-Qur'an nya yang tersusun sebanyak sebelas jilid berikut fihris nya, beliau menjabarkan tiap kata yang ada dalam al-Qur'an secara sistematis dari awal surat (al-Fatihah) sampai pada akhir surat (al-Nas). Beliau juga lebih menonjolkan maksud dari penggunaan redaksi, korelasi dari ayat satu dengan yang lainnya, serta kemu'jizatan al-Qur'an. Salah satu sample konkretnya adalah penjabarannya tentang ayat "kursy". Dalam menafsirkan ayat yang terdiri dari sepuluh kalimat ini, pemahaman linguistik menjadi sasaran utama. Seperti kata (الحي القيوم), beliau menjelaskan tentang apa makna dari kata tersebut, kedudukan, serta alasan Allah memilih dua redaksi diatas mengingat banyak sekali padanan kata yang dimiliki oleh tiap kata dari bahasa Arab. Selain itu, kita bisa menyimak penjelasannya mengenai korelasi antara ayat tersebut dengan kalimat sesudahnya (لا تأخذه سنة ولا نوم), atau antara (وسع كرسيه السماوات و الأرض) dengan (ولا يؤده حفظهما) . Beliau juga mencoba menguraikan alasan Allah mengakhiri ayat tersebut dengan menyebutkan dua sifat wajib-Nya العلي العظيم) ). Begitulah al-Qurthuby menerapkan metode tahlili ini.

Tidak demikian dengan tematik, metode ini lebih menitikberatkan pada satu tema pokok yang kemudian dikolaborasikan dengan ayat-ayat qur'aniyah. Sehingga bahasan lebih terfokus pada tema tersebut bukan pada dimensi yang lain dari tiap ayat.

Salah satu contohnya bisa kita lihat pada kitab tafsir "Cahaya al-Qur'an" yang merupakan terjemahan dari kitab Qabasun min Nur al-Qur'an karya Muhammad Ali al-Shabuny atau al-Bayan Tafsîr ayât fi Ahkâm min al-Qur'an milik Rawai', yang khusus membahas tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan masalah hukum, dan shafwa al-Tafasir (Tafsir-tafsir pilihan).

Komposisi kitab Cahaya al-Qur'an terdiri dari surat al-Baqarah sampai al-An'am. Disini Ali al-Shobuny mengklasfikasikan ayat dalam sub-sub tertentu sesuai dengan tema yang terkandung di dalamnya. Dalam surat al-Baqarah misalnya, menurut beliau substansi surat ini lebih banyak berkutat pada penetapan-penetapan hukum syar'i seperti puasa, haji, jihad dan lain sebagainya, hal ini disebabkan oleh kedudukannya sebagai ayat madaniyah yang lebih menitikberatkan pada petunjuk, pengarahan dan penetapan syari'at. Atau dalam surat Ali 'imran, yang mana terdapat dua poin penting disana. Pertama, menjelaskan tentang akidah Islam yang beruhubungan dengan keesaan, kebesaran serta kekuasaan Allah Swt. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya ayat-ayat ilahiyah. kedua, berbicara tentang syari'at khususnya yang berkaitan dengan jihad fi sabil al-Allah. Disini al-Shobuny menuangkan interpretasinya secara gamblang dengan menggunakan metode maudhu'i dan metode yang diterapkan oleh beliau termasuk dalam kategori tematik bentuk pertama.

Untuk bentuk kedua yaitu menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan tema yang dibahas. Disini tentunya seorang mufasir harus menentukan terlebih dahulu tema yang akan dikajinya, baru kemudian dikolaborasikan dengan dalil-dalil qur'aniyah. Pembahasan tentang riba misalkan, maka mufasir harus mengumpulkan ayat-ayat yang mempunyai keterkaitan dengan tema tersebut, lalu diikuti dengan konklusi serta solusi yang ditawarkan. Atau didahului dengan pembacaan realitas, yang artinya mufasir mencari satu tema yang "up to date" di perbincangkan dalam masyarakat saat ini. Seperti masalah perempuan, kepemimpinan, etika dalam bermu'amalah atau yang lainnya.

Jika metode analisis lebih mengarahkan eksploitasi ayatnya pada berbagai segi seperti linguistik, i'jaz, estetika dan lain sebagainya, maka metode tematik melakukan sebaliknya. Cakupan teknis metode ini tidak berkutat pada makna kosakata atau dari segi estetikanya (kecuali hanya sebatas yang dibutuhkan dalam pembahasan pokoknya), namun substansi berikut konklusi lah yang menjadi sasaran utama. Oleh sebab itu, seringkali tafsir yang memakai metode tematik bisa menuntaskan masalah-masalah yang ada dalam al-Qur'an. Hal ini dikarenakan pembahasan yang ada dalam tafsir tahlili lebih diarahkan pada pembahasan ayat secara independent, yang mengakibatkan terabaikannya ayat lain yang masih mempunyai keterkaitan.

b) Tematik vs Komparasi

Metode komparasi yang familiar dengan sebutan tafsir muqarin adalah metode yang ditempuh dengan cara mengkomparasikan atau membandingkan ayat-ayat al-Qur'an dengan al-Qur'an ataupun sunah yang mempunyai kesamaan redaksi namun substansi yang diusung berbeda, ataupun sebaliknya redaksi berbeda namun substansi hampir sama, serta membandingkan tafsir atau pendapat ulama yang berhubungan dengan interpretasi ayat al-Qur'an. Mufasir yang menempuh metode ini, misalnya Al-Khatib Al-Iskafi dalam kitabnya Durrah al-Tanzil wa Ghurrah al-Ta'wil

Dalam mengkomparasikan ayat-ayat al-Qur'an, umumnya para mufasir hanya menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan perbedaan kandungan pada tiap-tiap ayat tersebut. Seperti perbedaan yang antara surat al-A'raf ayat 12 dengan surat Shad ayat 75 berikut ini:

Surat al-A'raf ayat 12

قال ما منعك الا تسجد اذأمرتك، قال أنا خير منه، خلقتني من نار و خلقته من طين

(Allah berfirman," apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) diwaktu aku menyuruhmu?" Iblis menjawab,"saya lebih baik daripadanya; engkau ciptakan saya dari api sedang dia engkau ciptakan dari tanah).

Shad 75

قال يابليس ما منعك ان تسجد لما خلقت بيدي، استكبرت ام كنت من العالين

(Allah berfirman,"hai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah kuciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyomobongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk golongan yang (lebih) tinggi?")

Seperti yang tampak jelas dari dua ayat diatas. Keduanya mempunyai redaksi yang sedikit berbeda, namun substansi yang dibawa sama yaitu sama-sama menjelaskan tentang kesombongan Iblis yang tidak mau mengikuti perintah Allah untuk berdujud kepada nabi Adam. Sama halnya perbedaan yang terjadi antara surat al-Anfal ayat 10 dengan surat Ali Imran ayat 126 sebagai berikut:

Surat Al- anfal ayat 10

وما جعلنه الله الا بشرى ولتطمئن به قلوبكم، وما النصر الامن عند الله، ان الله عزيز حكيم

(dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai kabar gembira dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. sesungguhnya Allah maha Perkasa lagi maha Bijaksana).

Ali imran 126

وما جعله الله الا بشرى لتطمئن قلوبكم به، وما النصر الا من عند الله، ان الله عزيز حكيم

(dan Allah tidak menjadikan pemberian bala bantuan itu melainkan sebagai kabar gembira (bagi kemenanganmu), dan agar tenteram hatimu karenanya. Dan kemenanganmu itu hanyalah dari Allah yang maha Perkasa lagi maha Bijaksana).

Selain menyajikan komparasi antara ayat dengan ayat, tafsir muqarin ini juga membandingkan tafsir dan pendapat ulama yang berhubungan dengan interpretasi ayat. Seperti halnya perbedaan antara al-Qurthuby, Imam Baihaqy dan Imam al-Kalby yang berbeda dalam mengartikan kata (القيوم) dalam ayat kursy. Al-Qurthuby mengartikan kata tersebut dengan "mengatur atau mengurusi (makhluknya) secara terus-menerus", sedangkan makna yang ditawarkan oleh Imam Baihaqy adalah "yang tidak tidur", lain halnya yang diungkapkan oleh Imam al-Kalby, beliau mengatakan al-qoyyum berarti "yang tidak ada permulaannya". Nah dari sinilah biasanya seorang mufasir akan menarik sebuah kesimpulan mengenai interpretasi ayat-ayat tersebut.

Tentu saja tafsir model ini berbeda dengan tafsir tematik. Cakupan makna yang dirangkum dalam tafsir komparasi terbilang lebih sempit dari pada metode tematik. Hal ini disebabkan oleh penjelasan mufasir komparasi yang berputar pada pembahasan redaksional saja. Sementara tematik, selain menghimpun ayat-ayat yang mempunyai relasi dengan tema, mencari sinonim-sinonimnya, juga mencoba menelaah kandungan-kandungan ayatnya.

c) Tematik vs Global

Metode global (Ijmali) adalah metode penafsiran yang mencoba menguak makna al-Qur'an secara singkat dan global. Dalam metode ini, sisitematika yang digunakan sama dengan metode tahlili. Imam Jalaluddin al-Sayuthi adalah salah satu imam yang masyhur menerapkan metode ini dalam kitabnya Tafsir al-Jalalain.

Keistimewaan metode ini ada pada kemudahan dalam pemahamannya, hanya saja interpretasi yang dihasilkan lebih singkat dan belum sampai pada analisis yang lebih detail, sehingga tidak bisa membawa esensi al-Qur'an secara komprehensif. Disini pulalah letak perbedaan antara tafsir tematik dan tafsir global.

Selain uraiannya yang terlalu singkat, metode inipun terkesan membingungkan sang pembaca. Hal ini dikarenakan susunannya yang sama dengan metode tahlili, yaitu dari awal hingga akhir surat. Lain halnya dengan tematik yang lebih mengedepankan tema yang diangkat dalam bahasannya. Selain lebih terfokus pada poin sasarannya, uraian yang dipaparkan pun lebih jelas dan mengena dalam masalah-masalah yang ada dalam masyarakat.

IV. MENGUKUR NILAI RELEVANSI TAFSIR TEMATIK.

Setelah sedikit uraian yang menjelaskan tentang sosio-historis serta sisi intern tafsir tematik (bentuk-bentuk, langkah-langkah, perbedaan dengan model penafsiran yang lain, dan lain sebagainya) diatas, sudah sewajarnya pertanyaan seputar relevansi atas aplikasi tafsir tematik dalam kondisi masyarakat saat ini masuk dalam list perbincangan kita.

Menghadapi kondisi sosial masyarakat saat ini, sepertinya tafsir yang dilakukan secara tematik mempunyai peran penting sebagai salah satu media masyarakat dalam memahami makna-makna yang ada pada kalam Allah Swt. Telah maklum, bahwa salah satu urgensitas tafsir adalah sebagai media dalam mengartikulasikan makna-makna yang terkandung dalam al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia. Selama ini, tafsir yang berkembang ditengah kehidupan masyarakat adalah tafsir dengan metode analitik yang bersifat teoretis. Namun, kondisi sebagian besar masyarakat yang cenderung bersikap pragmatis, seakan menuntut mereka untuk bisa mendapatkan sesuatu secara instant. Sehingga bisa disimpulkan bahwa masyarakat tidak menginginkan teori, mereka hanya butuh pemahaman (terhadap suatu ayat) yang telah sampai pada tataran praktis.

Menurut sebagian ulama, munculnya tafsir tematik mampu menjadi sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan yang berkembang dalam masyarakat masa kini. Dibanding tiga metode yang lain, metode ini dinilai paling relevan untuk diaplikasikan sebagai rekomendasi metode tafsir kontemporer. Umumnya, masyarakat (awam khususnya) mengalami kesulitan ketika dihadapkan dengan tafsir dengan model yang lain. Tahlili misalkan, tafsir ini lebih menitikberatkan pada penafsiran yang bersifat teoretis, sehingga bisa dibilang hanya orang-orang tertentu yang memiliki kapabilitas dalam bidang itulah yang dapat memahami kandungan al-Qur'an, bahkan tak jarang kita menemukan orang yang bersikap apriori dalam memahami al-Qur'an lebih mendalam. Lain halnya dengan tafsir tematik yang memang mempunyai jangkauan bahasan lebih spesifik dan aplikatif.

Metode tematik bisa dibilang mampu "membumikan al-Qur'an". Dalam arti, mampu menjadikan nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur'an mudah diserap oleh masyarakat dari kalangan manapun. Hal ini bisa kita lihat dari langkah awal ketika mufasir tematik menetapkan permasalahan yang akan dibahas. Mufasir tematik tidak akan sembarangan mengambil tema sebagai sasaran bahasannya, karena pembacaan realitas akan dilakukan terlebih dahulu sebelum menetapkan pokok bahasan tersebut. Selain itu, mufasir tematik juga harus mempelajari kondisi sosio historis masyarakat dengan memperhatikan masalah yang sedang berkembang saat itu, sehingga tema yang diangkat bisa diprioritaskan pada persoalan yang menyentuh mereka. Seperti masalah riba, perempuan, etika bermuamalah, musyawarah, ibadah dan lain sebagainya.

Selain itu, tafsir tematik tidak hanya mengkorelasikan antara ayat dengan ayat. Karena dalam penerapannya, mufasir tematik juga berusaha mengkolaborasikannya dengan disiplin keilmuan yang lainnya seperti sains, teologi dan sebagainya. Selain itu, mufasir tematik juga mampu menyusun sistematika penulisan secara apik untuk dikonsumsi oleh masyarakat umum. Maka tak heran jika kita temukan puluhan lebih tafsir-tafsir yang menggunakan metode ini beredar di pasaran.

Namun di sisi lain, ternyata tidak semua ulama mengamini metode ini. Ada juga yang berusaha mengkolaborasikan dua metode sekaligus yaitu tahlili dan maudhu'i. Pak Chodjim misalnya, beliau dikenal sebagai penulis buku-buku best seller seperti Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar dan sekarang sedang menulis tafsir al-Qur'an. Menurut beliau, dalam al-Qur'an terdapat ayat-ayat yang sifatnya mutasyabih dan itu berarti antara satu surat dengan surat lainnya mempunyai korelasi yang kuat. Sehingga jika kita ingin memahami isi al-Qur'an secara komprehensif, maka kita harus menafsirkannya menurut sistematika dalam mushaf. Namun, ketika menafsirkan satu tema dalam satu surat, maka beliau akan menarik ayat-ayat yang berhubungan dengan tema tersebut untuk kemudian dibahas lebih lanjut.

V. EPILOG

Upaya untuk menafsirkan al-Qur'an memang selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Seiring meningkatnya progresifitas pemikiran manusia, saat inipun banyak sekali bermunculan model-model tafsir dengan beraneka pendekatan yang digunakan. Kendati demikian, sebenarnya mereka mempunyai kesamaan orientasi, yaitu upaya membumikan al-Qur'an. Para mufasir selalu berusaha sebisa mungkin mentransfer values al-Qur'an sehingga benar-benar mampu menjadi pijakan hidup bagi manusia.

Tafsir tematik salah satunya, metode ini mucul dengan tujuan untuk memudahkan para pembaca dalam memahami isi al-Qur'an sekaligus mengaplikasikannya. Namun, hal ini tentunya harus didukung dengan adanya tafsir tematik yang ideal, yang mana mengharuskan mufasirnya benar-benar memperhatikan langkah-langkah yang harus diambil sebelum mulai menginterpretasikan ayat-ayat tersebut. Tafsir tematik dinilai relevan untuk disajikan kepada masyarakat masa kini. Hal ini disebabkan oleh pokok bahasan yang lebih terfokus pada satu tema yang menjadikan penafsiran itu bersifat spesifik dan mudah dicerna.

Demikianlah sedikit uraian yang bisa penulis sampaikan tentang tafsir tematik berikut perangkat-perangkat serta nilai relevansinya. Semoga makalah sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin.

***

BIBLIOGRAFI

  1. Maarif, Ahmad Syafii dan Tuhuleley, Said, Al-Qur'an dan tantangan Modernitas. Yogyakarta: SIPRESS, cet. II, 1993.
  2. Abdul Qadir, Jum'at Ali, Jalal al-fikr fi al-tafsir al-maudhu'I li al-ayat min al-dzikr. Cet I, 2001.
  3. Dr. al-Kholidy, Sholah Abdul Fattah, al-tafsir al-maudhu'i. Dar al-nafais, cet I, 1998.
  4. Muhammad Sholih, Abdul qadir, al-tafsir wal mufassirun fi 'asyr al-hadits. Dar al-Marefah, cet I, 2003.
  5. Terjemahan Eva F. Amrullah dari Hassan hanafi, "hal ladayna nazhariyah al-tafsir?" dalam Hassan Hanafi, Qadhaya Mu'asharah fi fikrina al-mu'ashir I, Cairo: Dar al-fikr al-'Arabi, 1976.
  6. Dr. Shihab, M Quraish, Membumikan al-Qur'an.
  7. Artikel yang berisi interview dengan Achmad Chodjim, Kita Selalu Butuh Tafsir yang sesuai Zaman. 25 Oktober 2006.
  8. Resensi buku Cahaya al-Qur'an yang diterjemahkan dari buku aslinya Qabasun min Nur al-Qur'an karya tafsir Muhammad Ali Ash-Shabuny. Pustaka al-kautsar, 2002.
  9. Artikel Suryaningsih, penafsiran "Khalifah" dengan metode tematik. 4 Desember 2006.
  10. Qashidi, Robith, makalah Menyelami Dunia Tafsir
  11. Elfani, Maramita, makalah interpretasi ayat Ilahiyah (dengan menggunakan pendekatan linguistik).

"blue"room-koe

21 Maret 2007

_____________________________________________________

* Makalah ini dipresentasikan dalam diskusi Fatayat NU, 21 Maret 2007.

** Penulis adalah seorang "pemula dari pemula" yang belum terlatih dalam pembuatan makalah dan sedang menempuh studinya di universitas al-Azhar fakultas ushuluddin, tingkat II.

Mulla Shadra


MULLA SHADRA

(Sosok Filosof Cerdas nan Agamis)

Oleh: Maramita Elfani

Sadr al-Din Muhammad ibn Ibrahim ibn Yahya al-Qawamy al-Sheirazi adalah Seorang filosof kenamaan Syi’ah yang berpemikiran cerdik, unik, kharismatik dan patut mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Mulla Shadra lahir di Syeiraz, daerah bagian selatan Iran pada tahun 1571 M. Sosok yang satu ini kerap menjadi perbincangan dikalangan pemikir Islam, terlebih bagi mereka yang berkapasitas sebagai filosof. Kemampuan intelektualnya tak lepas dari pendidikan dan perhatian yang baik oleh ayahnya, Ibrahim ibn Yahya al-Qawami al-Syeirazi, yang kala itu mempunyai kedudukan tinggi di Syeiraz dan menjadi gubernur di provinsi Fars. Kota Syeirazi diempat abad sebelumnya adalah pusat kelimuan baik filsafat, tasawuf, dan ilmu-lmu lainnya di Iran. Namun, animonya yang tinggi terhadap ilmu membuatnya tak puas dengan apa yang telah dimilikinya, hingga ia memutuskan untuk pindah ke Isfahan.

Saat itu, Isfahan berada di bawah kekuasaan dinasti Shafawi awal, yang mana para jurisprudent dan ulama-ulama konservatif-tekstualis mempunyai kekuasaan dominan. Tak heran jika kaum tekstualis ini pun begitu mengecam filsafat Mulla, terlebih teori wahdah al-wujud yang diadopsi dari Ibn Arabi (meskipun tidak sepenuhnya sama); yang menyatakan bahwa segala perwujudan alam kosmos adalah manifestasi dari wujud Tuhan, yang merupakan satu kesatuan eksistensi yang serupa namun tak sama. Konon saja, mendengar ini kaum tekstualis pun kebakaran jenggot. Alih-alih saat Tuhan diinterpretasikan; mewujud sebagai manusia, mewujud sebagai wanita, dan lainnya. Sehingga bias subjektifitas pemahaman literal fuqoha’ berujung pada vonis kafir terhadap Mulla Shadra.

Di satu sisi, esensi teori wahdah al-wujud yang dimaksud Mulla Shadra bukan seperti yang mereka pahami. Menurut Mulla Shadra, segala realitas wujud memang merupakan manifestasi dari eksistensi Tuhan, hanya saja dalam gradasi wujud yang berbeda, selain itu teori tentang gerak substansi juga membuat nilai eksistensialisme keduanya tak sama.

Ternyata pemikiran filosofis Mulla Shadra tetap tidak bisa diterima. Inilah salah satu faktor yang membuat Mulla Shadra memutuskan untuk uzlah ke daerah Khuh di dekat Qum selama 16 tahun. Di akhir masa uzlahnya, pengaruh kaum konservatif di Isfahan mulai terkikis, terlebih ketika kekuasaan Alamud ditumbangkan Syiah Dua Belas Imam yang kemudian menelurkan Madzhab Isfahan. Rupanya hal ini menguntungkan pihak Mulla Shadra, sampai akhirnya beliau memutuskan untuk kembali Isfahan yang dengan cerdas ia menggunakan pendekatan fiqhiyah untuk bisa masuk keranah pemikiran masyarakat disana.

Di Isfahan, Mulla Shadra bertemu dengan salah satu ulama besar sekaligus pakar dibidang metafisika (ma wara al-thabi’ah), yaitu Sayyid Abi al-Qhasim al-Findriski. Dan tokoh lain yang ditemuinya disana; adalah Syeikh Baha’ al-Din al-Amuli dan Sayid Muhammad Baqir Astrabadi yang dikenal dengan Mir Damad. Mir Damad merupakan salah satu tokoh yang mempunyai porsi besar dalam pembentukan epistemologi pemikiran Mulla Shadra. Beliaulah yang memperkenalkan teori Iluminasi yang diusung oleh Suhrawardi. Di samping nama-nama yang tersebut diatas tokoh yang telah mengkontaminasi pemikirannya; adalah Ibn Sina dengan filsafat peripatetiknya, Ibn Arabi dengan gnostik-sufistiknya, Nasr al-Din al-Thusi, al-Ghazali dan lain-lain.

Hasil sintesis beberapa aliran filsafat yang dikemukakan Shadra memunculkan prinsip filosofis baru yang terkemas cantik dalam al-Hikmah al-Muta’aliyah atau Teosofi Transendent. Penamaan mazhabnya dengan al-Hikmah al-Muta’aliyah sebenarnya bukan dari Shadra sendiri, melainkan hadiah dari murid-muridnya; Sabzawari dan al-Kasyani. Shadra berhasil merepresentasikan pemikirannya melalui karya monumentalnya al-Ashfar al-Aqliyah al-Arba’ah (Empat Perjalanan Intelektual). Di sana Shadra mencoba menyajikan empat tahapan seorang salik untuk bisa mencapai sebuah hakikat. Bagusnya, Mulla Shadra tak hanya mengetengahkan aspek dalam aliran filsafat Peripatetik yang hanya mengandalkan aspek rasio an sich dan seakan meng-underestimate jalur gnostik-sufistik. Begitupun mazhab Iluminasi yang lebih menekankan sisi keruhanian atau intuisi saja. Hal ini bisa terlihat dari perbedaan interpretasi tentang masalah ketuhanan atau konsepsi wujud mereka.

Meskipun pemikiran Mulla Shadra tak terlepas dari kontaminasi para pendahulunya, Shadra mampu menunjukkan jati diri sebagai seorang pemikir yang berprisnsip. Seperti ketika ia mengadopsi teori wahdah al-wujudnya Ibnu Arabi. Shadra tidak semata-mata menjadi seorang plagiator. Tapi ada perbedaan mendasar diantara keduanya saat menilai absolutisme eksistensi Tuhan pada realistas-realistas secara riil. Dan ini ditunjukkan dengan adanya konsep gradasi wujud serta gerak substansi. Jika Ibnu Arabi berpendapat wahdah al-wujud itu bersifat mutlak, seperi bisa dipahami melalui analogi cermin; yang Tuhan berposisi sebagai subjek yang sedang bercermin, sehingga semesta kosmos ini merupakan eksistansi Tuhan secara mutlak. Namun sebaliknya, nilai mutlak tersebut tidak menyertai konsep yang diusung oleh Mulla Shadra.

Salah satu prinsip yang membuat penulis begitu simpatik pada sosok Mulla Shadra adalah ketika ia memposisikan Al-Quran pada tatanan nomor wahid di atas akal dan mukasafah dalam berfilsafat, hal ini juga diakui oleh Sayyid Mohammad Khamene’i. Menurutnya, Shadra benar-benar memberikan porsi besar terhadap Al-Quran, hal ini bisa dilihat ketika Shadra memunculkan salah satu karya tafsirnya, karena selain filsuf Shadra juga pernah menjadi seorang mufasir, meskipun identitas yang pertama lebih identik dengannya. Selain itu penulis juga menemukan lebih dari 1000 ayat al-Quran dan 700 hadits terkutip rapi dalam al-Asfar al-Arba`ah. Seperti yang kita ketahui, corak sebelum abad ke-6 H, mayoritas filosof lebih mengedepankan aspek rasio tinimbang intuisi gnostik-sufistik. Sedangkan Mulla Shadra berbeda, dia berfilsafat dengan Al-Quran sebagai pedoman terkuat dalam pencarian kebenarannya. Semua kembali pada Al-Quran, sehingga ketika rasio dan muksyafahnya bertentangan, maka kebenaran tetap berada pada Al-Quran.

Mulla Shadra sosok filosof religius. Filsafatnya memberikan pengaruh besar di negara Iran. Bahkan Filsafatnya hingga saat ini menjadi ideologi negara tersebut. Nilai-nilai keislamannya seakan tak pernah luntur. Sampai akhirnya ia sakit keras sekembalinya dari haji pada kali ketujuh. Saat itulah sejarah hidup seorang Mulla Shadra berakhir, tepatnya tahun 1640 M di Basrah. Namun bukan berarti pemikirannyapun ikut tiada.

Dua generasi penerusnya; adalah Abd al-Razzak Lahiji dan Mulla Muhsin al-Faidh al-Kasyani yang berhasil merepresentasikan konsep-konsep Shadra. Beberapa karya monumental yang sampai saat ini tetap mendapat perhatian cukup besar para cendekiawan; adalah al-Hikmah al-Muta’aliyah fi al-Asfar al-Aqliyah al-Arba’ah, al-Syawahid al-Rububiyyah fi al-Manahij al-Sulukiyyah, dan al-Mabda’ wa a- Maad. [regards]


Presented For AFKAR

Bingkisan sang Merpati, di akhir purnama


Bingkisan sang Merpati, di akhir purnama

Oleh: Maramita elfani

Aku begitu terperangah, saat mataku mengeja kalimat sederhana di secarik kertas mungil, yang kutemukan di balik buku yang ku pinjamkan pada seseorang, semalam.

aku merasa, kaulah yang terindah, dan akan lebih indah jika kau bersedia menghiasi hari-hariku dengan segala indahmu, dan selamanya”.

“Jleb!”, seketika gejolak batinku tak bisa ku kendalikan lagi. “Tuhan, apa maksud semua ini?”. Aku tak bisa berkata-kata. Aku hanya bisa ternganga, meyakinkan diri, kalau aku memang tak salah mengeja deretan kata itu.

Ya Allah, apakah ini berarti…?. Ah nggak, terlalu cepat untuk mengambil sebuah kesimpulan, menurutku. Sedikit air mata haruku hampir menetes, yah…hampir.

Sore itu aku kembali bertemu dengan si empunya surat itu. Jujur, aku begitu takut, malu, dan tak tahu harus bersikap bagaimana terhadapnya. Forum Kajian Ilmiah ini memang sangat berjasa mempertemukan aku dengannya. Berkali-kali kita selalu terlibat dalam sebuah kontak yang begitu intens, meski berawal dari perbicangan seputar keilmuan atau yang berhubungan dengan organisasi, karena kebetulan sekali kita berdua memang punya kecenderungan yang sama disana.

Tak pernah terbayang aku akan menemukan seseorang seperfect dia. Pintar, cerdas, bijak, berwibawa, sabar, pengertian, sopan dan, ah…ku rasa tak cukup kata-kata pujian itu melukiskan sosoknya. Mengenalnya saja membuatku merasa menjadi salah satu wanita yang sangat beruntung.

Kagum. Yah…mungkin itulah yang ku rasakan saat itu. Pertama kali ku melihatnya, dia sedang menjadi presentator dalam sebuah seminar ilmiah. “Hmm…retorika yang bagus”, pikirku saat itu. Aku menyukai sosok seperti itu, sangat. Hanya saja, aku tak tahu, apakah sosok itu adalah seseorang yang sedang berlenggang di hadapanku saat ini.

Tak terbesit sedikitpun, kalo perasaan kagum itu akan berubah suatu saat. Entah…aku juga tak tahu akan berubah seperti apa rasa itu. Yang pasti…kini, perasaan itu memang telah berubah. Hanya saja, aku terlalu takut memvonisnya. Aku takut hatiku akan protes, andai saja aku salah mengartikannya.

@@@

Tak pernah terbayangkan olehku, kala Tanya itu kembali menghampiriku. Sekali lagi dia memaksaku untuk mengakui sesuatu yang sangat sulit ku ungkap selama ini. Perasaan yang suci dan teramat sakral bagiku. Dan hanya terungkap untuk sesosok pilihan. Yah…pangeran pilihan tuhan untukku.

“Tut…tut”, Nada dering sederhana itu berhasil membuatku terlonjak, bahkan gemetar, sesaat sebelum ku baca isinya. Berani hati kecilku menebak, sms ini dari seseorang yang telah berhasil membuat perasaanku ‘kacau’ dan ‘tak terarah’.

Sejenak ku pejamkan mata, sebelum ku baca rentetan kata yang membuat jantungku begitu cepat berdetak, sendi-sendiku seakan terlepas dari tubuhku. Lemas!

“Fida, seekor merpati tlah lama menunggumu, tuk hantarkan jawabmu kepada seseorang yang gelisah di balik senyumnya, disana”.

“Deg”

“Merpati itu sedang lelah kak, titipan ‘tanya’ mu begitu berat si sanggahnya. Sepertinya dia begitu payah, tuk hantarkan kembali titipan ‘jawab’ yang kan ku kirimkan untukmu. Tunggu sampai akhir purnama, sanggupkah kakak menunggunya?” (Massage sent).

Tak lama kemudian, ku terima sms balasan darinya.

Pasti!!! Dan aku berharap, titipmu kan cipta sebuah senyum dariku”.

Sms terakhirnya, sedikit membuatku lega, setelah aku merasa begitu sesak, bahkan untuk sekedar bernafas.

@@@

“Kak Fida, hari ini jadi kan kita ikut kajian?”, sambil mencomot kue hasil eksperimenku, gabungan terigu, susu, telor, cokelat, dll. Bentuk sih hancur, Cuma rasanya bung!!!, ungkapku narsis.

“Yups, tar jam dua di mulai, mau bareng?”, tanyaku kemudian.

“hmm…bolehlah, kebetulan hari ini lagi kosong, trus temanya?”.

“Wah, temanya menarik loh nel, tentang hermeneutika. Nah…katanya bulan depan Nely ada tugas bikin makalah tentang itu? Bagus tuh kalo ikut, lumayan, buat nambah wacana”

“Ehem, that’s right”, angguknya sok mantab.

@@@

Jam 13.40 kita berangkat. Sengaja berangkat lebih awal, karena nggak pengen ketinggalan presentasinya. Di perjalanan aku ngobrol banyak sama Nely, sesekali juga kita kasih komentar buat sopir tramco yang sangat ‘ugal-ugal’ an itu. Ugh…bikin sebel juga!

“ Tut…tut…tut”, tiba-tiba saja HP Nely bunyi. Sejenak dia menghentikan obrolan kita, buat baca smsnya.

“Ups…Nely lupa bawa titipan temen kak”, tangan kirinya menepuk jidatnya, ekspresi lucu-nya sempat buatku tertawa kecil, ah nely tetep aja pelupa!

“Hiks, kayaknya Nely harus balik lagi deh. Kak Fida duluan aja ya, tar Nel nyusul deh. Yaminak ya rais, ana nazlah hina insyaallah”, tanpa basa-basi dia langsung bergegas turun. “Kak…tunggu Nel disana yah”, sambil melambaikan tangan, aku mengagguk dan tersenyum.

@@@

Alhamdulillah, akhirnya sampai juga.

“DEG”, kurasakan kakiku seakan begitu enggan tuk melangkah ke tempat kajianku. Perasaanku campur aduk, tak menentu. Dan sepertinya jantungku pun berdetak dua kali lebih cepat. Ah…aku takut, aku bingung, aku enggan, tapi tak bisa ku pungkiri, aku senang!.

Segera aku menepis semua perasaan itu. Tanpa ba bi bu, ku mempercepat langkahku ke tempat dimana aku akan bertemu dengannya.

“Ting…tong…ting…tong”, beberapa kali ku pencet bel. Dan, tak lama kemudian seseorang membukakan pintu untukku. “Nyess”…sesungging senyuman menyambutku. Oh God…kenapa sepertinya tulang-tulangku tak mampu menyanggah tubuhku saat ini. Aku begitu terkejut, ternyata orang yang sedang ada di hadapnku saat ini adalah dia. Meskipun sedikit kikuk, akhirnya ku balas dia dengan senyuman.

“Ahlan…”, tukasnya, mempersilahkan ku tuk masuk.

“Sukron”, jawabku ringan.

Diskusi yang panas. Aku begitu bersemangat mengikutinya. Hingga tak terasa, durasi waktu yang di tentukan telah habis.

Yups…selesai. Dan saatnya aku pulang.

Saat tanganku bergegas membukan pintu rumah itu, tanpa ku sadari, ada seseorang yang telah berdiri tegak di sampingku. Aku menoleh, dia hanya tersenyum dan menitipkan satu kata untukku, “Akhir purnama sebentar lagi, aku tunggu bingkisan cantiknya”, lalu berlalu begitu saja, meninggalkanku yang tercengang mendengarnya.

@@@

Kata-kata terakhirnya berhasil menyihirku, bahkan membuatku tetap terjaga malam ini. Sulit ku memejamkan mataku. Lalu ku putuskan saja untuk mengadu pada’Nya. Ku ambil air wudhu, ku pakai mukena, lalu segera ku hempaskan tubuhku, bersujud, memohon petunjuk’Nya.

Tuhan…

Diakah?

Benarkah dia pangeran yang kau utus

Tuk temaniku berjalan menuju firdausmu

Dia begitu sempurna

Untukku yang serba kekurangan

Dia begitu bijak

Untukku yang begitu labil

Dia begitu tangguh

Untukku yang begitu lemah

Sejujurnya…

Aku begitu malu

Tuk memohon dan berharap

Dialah sosok yang selama ini ku nanti

Dialah yang kan menerima semua abdi’ku

Dialah sosok yang kan mengisi sebuah ruang kosong

Yang bernama ‘hati’

Yang selama ini ku biarkan dia bersih

Karena aku memang tak ingin mempersembahkan

Setitik noda tuk menyambut kedatangannya…

Benarkah dia Tuhan?

Kalo boleh lancang ku berkata

“Jadikan dia yang terbaik” untukku Tuhan…!

Buliran air mataku tak tertahan. Aku menangis, karena aku terharu. Akupun heran, bagaimana bisa dia menyampaikan perasaannya padaku. Yah…seseorang yang selama ini ku impikan. Seseorang yang selama ini membayang, namun tak bisa ku tangkap cahayanya. Seseorang yang selama ini mengiringiku, namun aku tak pernah tahu keberadaannya di sampingku. Seseorang yang selama ini terlukis di salah satu ruang hatiku, namun wujudnya tak pernah ada di hadapku. Dan kini, dia datang. Tapi apakah benar dia?hmm…semoga!

@@@

Rupanya purnama itu telah datang. Ku tengok awan, kulihat disana telah berdiri sang merpati cantik, bersiap mengantarkan bingkisan untuk seseorang yang ada disana.

“Merpati, sampaikan salamku untuknya. Katakan padanya, aku siap menjadi wanita tuhan yang terutus untuknya. Berjalan beriringan. Dan bersama-sama merengkuh ridha-Nya”

Pandanganku menerawang keluar. Tak tahu harus bagaimana menyampaikan perasaanku padanya.

“Tut…tut”, Hp-ku berbunyi. Sms itu…ah, aku harus yakin!

“Sudah dikirim belum bingkisannya?”.

Sudah ku duga. Namun aku hanya tersenyum, lalu dengan mantab jariku menari di atas keypad .

“kak…Bingkisan itu telah siap. Sengaja Fida kemas cantik buat kakak. Bersampul pink, dengan balutan putih didalamnya. Yah…dia begitu besar, dan belum ada seorang pun, yang berhasil menyentuhnya sebelumnya. Fida yakin, bingkisan itu tercipta buat kakak. Untuk pertama kalinya, dan semoga selamanya. Yah…bingkisan itu bernama ‘cinta’”.

Tut…tut…

Ku terima balasan darinya.

“Seandainya Fida tahu, saat bingkisan itu terdekap erat dalam rengkuhan ini. perasaan ini begitu ingin berteriak lantang, tuk sekedar kabarkan pada dunia, tentang peristiwa terindah di akhir purnama ini. Jangan khawatir, aku akan menjaganya dan tak tak biarkannya lepas. Selamanya. Sampai sebuah ajal kan melukisakan cerita kedua untuk kita”.

Air mata ini tak tertahan. Aku bahagia…sangat.

Ya Allah, iringi aku dengan ridha-Mu.

By: m3_zombx

12 Des ‘07

22.02